July 13, 2007

Kabayan?

Populasi orang Filipin di sini memang cukup banyak, mungkin terbesar setelah Asia Selatan dan Arab. Jadi cukup banyak resto2 yg menyediakan makanan mereka, terutama di daerah Al Karama. Bagus juga sih, karena dibandingkan makanan lain, makanan mereka masih rada2 nyambung di lidah kita, walaupun sering keaseman (heran, mereka2 ini kok suka banget makan cuka?) Oh ya, supaya nggak ketauan kalo lagi diomongin, kita punya kode rahasia alias julukan untuk mereka, yaitu PLN. Ada juga yg bilang orang Tegal (maksudnya Tegal-og alias Tagalog, bahasa nasional mereka). Tapi memang logat bicaranya kayak orang Tegal sih (maaf ya orang Tegal, jangan tersinggung), coba deh perhatikan.

Saking banyaknya populasi mereka di sini dan saking miripnya (mungkin) wajah mereka dengan kita, nggak heran kita sering ikut2an disangka saudara sebangsa setanah air. Setiap kali ketemu Filipino/Filipina stranger, pasti mereka langsung ngajak ngomong dalam bahasa Tagalog. Mau itu waitress, shop attendant, tukang cukur, tukang jaga warnet, sampe orang lewat nanya jalan! Kalo udah ngeliat air muka kita yg terbengong2, baru deh mereka bilang, “Ah, sorry, I thought you’re Kabayan (orang Filipin, cmiiw)!” Yee, pede banget situ, bukan nanya2 dulu kek!!

Bukan cuma mereka yg kepedean menganggap kita orang Filipin, tapi juga orang2 bangsa lain. Suatu kali seorang tamu bule yg sedang diajak show around di hotel g tiba2 ngomong gini, "Hmm, magandang (beautiful, cmiiw)!” G yang waktu itu nggak ngerti apa artinya cuma senyam-senyum. Lain waktu, seorang tamu India bilang, “You know, I have been to your country several times. I went to Cebu (sebuah resort di Filipina). Very beautiful!” Lagi2 g cuma bisa bilang, “Oh, really?” padahal dalem hati, “So what?!”

Staf2 hotel yg lain juga suka asal manggil kita dengan sebutan “kabayan” atau “pare (my friend)”, walaupun tahu kita orang Indonesia. Kalo lagi males arguing, biasanya g manut2 aja, tapi pernah juga pas bad mood, g jawab dengan agak ketus, “My friend, don’t call me ‘pare’! In my country, ‘pare’ is very bitter!!” Giliran dia yg terheran2, maklum lah dia kan bukan penggemar siomay jadi nggak mudheng sama yang namanya pare alias paria.

Di lain waktu, temen g yang lain (orang India) nanya begini waktu g lagi ngobrol dengan temen Filipin dalam bahasa Inggris, “Hey, why don’t you guys speak in your own language??” Wah, wah, jaka sembung atuh…

G jadi ingat cerita lainnya. Ini betul2 terjadi lho pada teman g (Indonesia) yang memang sompral. Lagi nongkrong di jalan, enak aja dia bilang keras2 ke temannya, “Busyet, tuh cewek PLN *****-nya (baca: dadanya) gede bener!!” Tanpa diduga2, si “cewek PLN” ini langsung nyamperin sambil membentak, “Heh, Mas, kalo ngomong sopan dikit ya!!” Wekekekek… tahu rasa deh, tertipuuuu.

Ada juga temen g yang lain yang juga super iseng. Kalau disapa “Kabayan?”, biasanya dia akan menyapa balik dengan senyum ramah, “Iteung??” Nah lho…

Salamat po!

1 comments:

Lidya said...

hohoho....
iya nih... budaya kebiasaan ngmgnin org gak bole d teladani.. bahayaaa.. ntar bs malu sndr
temen gw ada yg d bis ngmngin bule bilang "gile tuh bule bulu nya banyak bener" trus pas tuh bule mao kluar bus bilang "permisi si monyet mao lewat"
huehehehe

Post a Comment