July 31, 2007

Kondangan Yuk!

Masih inget nggak?

Dulu waktu kecil, umur2 TK sampai SD, kalo dapet undangan pesta (ulang tahun, bukan kawinan!) dari temen sekelas atau tetangga tuh kayaknya sueneeeeng banget, serasa orang populer gimana gitu. Langsung sibuk minta duit ke orang tua buat beli kado (biasanya kadonya barang yg kita sendiri pengen, bukannya yg kira2 temen kita suka, hayo ngaku). Masih inget kan, kartu undangannya isinya sama semua, seperti di bawah ini:

"Teman-teman, datang ya ke pestaku pada hari… jam… (lengkap dengan gambar jam yg jarumnya harus digambar sendiri)" dan ditutup dengan kata2 sakti yang meluluhkan hati segenap pembacanya: “Tiada kesan tanpa kehadiranmu”. Gombal banget nggak sih?

Padahal kalo dipikir2, acara ulang tahun anak2 itu ngebosenin lho. Bayangkan, dari dateng sampai pulang kudu duduk manis di tempat masing2, nggak boleh pindah2. Juga nggak boleh ngobrol kanan-kiri, apalagi teriak2, cubit2an, jewer2an atau jambak2an. Makan juga dijatah. Nggak seru kan??? Lebih bete lagi para orang tua, yang biasanya malah nggak kebagian tempat duduk, berdiri aja sepanjang dinding. Para guru (kalo pestanya di sekolah) juga cuma manyun aja di pojokan, baru ikutan heboh kalau… ada yang pipis atau buang air besar (ewww...) di celana, hehehe. Betul2 pahlawan tanpa tanda jasa.

Kalo anak2 semakin banyak dapet undangan semakin gembira, orang dewasa malah kebalikannya. Kalo dapet undangan banyak malah jadi suka ngedumel, “Aduh, repot amat, mesti dandan, pasang sanggul lagi!” Apalagi kalo orangnya nggak terlalu kenal (misalnya keponakan iparnya istri, anaknya orang sekantor yg beda departemen, dll) dan tempatnya jauh2 (dari Cinere ke Ancol juga jauh lho). Belum lagi kalau seminggu ada dua-tiga undangan, berapa coba duit yg keluar untuk amplop?? Tapi kalau nggak diundang kadang2 suka kesel sendiri, “Eh, si A kok kawin nggak undang2, sombong betul!”. Nah kan?

Seumur hidup g baru dua kali ikutan kepanitiaan resepsi kawinan. Penampilan debut g adalah di kawinan uwa waktu kelas 3 SD (kalo gak salah), jadi tukang kipas2 penganten. Waktu disuruh, bangga bener! Maklum, nanti tiap acara foto bersama penganten pasti kita ikutan nongol, betul? Namun waktu dijalanin ternyata menderita banget deh. Baru nyadar kalo ngipas2 selama 3-4 jam itu ternyata cape juga. Belon lagi tiap kali penganten berdiri nyalamin tamu, kita juga kudu ikutan berdiri. Plus, berada di panggung pelaminan berarti gerak-gerik kita terekspos juga ke seluruh hadirin dan hadirat, padahal tangan udah gatel pengen ngupil dan mata juga udah nundutan (ngantuk). Wong paginya kita bangun jam 4 karena harus didandani di tukang rias kan.

Ketika tamu udah mulai berkurang, baru deh kita boleh turun pelaminan dan melampiaskan segala nafsu2 yang terpendam sejak tadi, terutama makaaaaaaan!!! Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, ternyata makanan yang dari tadi diincer (sate, kambing guling, siomay, es puter) udah ludes des… Hiks, beteeee banget deh. Sejak saat itu, g nggak mau lagi jadi tukang kipas2, dan memang mengingat diri g udah makin nggak imut2 lagi, kayaknya nggak mungkin ditunjuk lagi jadi tukang kipas2 deh, hahaha…

Buat para pembaca yang masih anak2, waspadalah… waspadalah! Jangan mudah terjebak rayuan para orang tua yang ingin menjadikan kalian tukang kipas2!!!

1 comments:

Lidya said...

lol...
kasian deh lu pengalamannya
klo dulu pengalaman gw jd yg jalan depan penganten... dah 3 kali
yg pertama gw masi sd...trus slanjutnya smp n sma... 1 bulan diet gw sebelom pestanya...
d pilih gara2 katanya duhhh gak ada cewe lg d kluarga kitaa... huaaaaaa

Post a Comment